Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia  bisa dijadikan salah satu alternatif jargon baru kota Pontianak. Saat ini terdapat beberapa ungkapan kata yang menggambarkan kota Pontianak seperti Pontianak Kota BersinarPontianak Kota Perdagangan Dan Jasa Bertaraf Internasional. mendekati hari jadi kota Pontianak yang jatuh pada tanggal 23 Oktober 1771 – 23 Oktober 2016. Sudah berumur 245 Kota Pontianak, sebuah umur kota yang masih terhitung muda. Sudah banyak pembenahan dan perubahan yang terjadi di kota ini. Hal ini bisa langsung kita lihat pada saat kita masuk ke kota Pontianak melewati pintu gerbang selamat datang Pontianak yang terletak di perbatasan kota Pontianak dan kabupaten Kubu Raya. Saat ini Pontianak semakin berbenah mulai dari jalan yang semakin lebar, gedung-gedung sekolah yang direnovasi menjadi besar dan megah, peningkatan status puskesmas yang saat ini telah ditambah dengan layanan rawat inap di setiap kecamatan yang ada di Pontianak dan infrastruktur, sarana dan prasarana yang lain yang saat ini sudah, sedang, dan dalam tahap pembangunan demi menuju cita-cita Pontianak Kota Wisata serta tempat wisata paling menarik di Indonesia.

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia 

     Pertama kita menuju ke Masjid Raya Mujahidin. Masjid Kebanggaan Warga Pontianak ini adalah masjid terbesar dan termegah di seluruh Kalimantan Barat. Masjid Raya Mujahidin Pontianak selesai direnovasi pada tanggal 20 Januari 2015, selain tempat umat muslim yang fitrah atau dasar hidupnya adalah beribadah kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, masjid termegah di Kalimantan Barat terutama Pontianak ini juga sebagai tujuan wisata religi yang ada di Pontianak Kalimantan BaratDengan hadirnya Masjid Raya Mujahidin Pontianak yang didesain mengikuti Masjid Nabawi serta didukung tata ruang yang sangat memadai menjadikan masjid ini bagaikan magnet bagi masyarakat Pontianak untuk menjadi salah satu tempat wisata paling menarik di Indonesia

   Masjid Raya Mujahidin, Sumber: http://ericopieter.blogspot.co.id/2016/07/masjid-raya-mujahidin.html

     Yang kedua kita menuju katedral Pontianak yaitu Katedral Paroki Santo Yoseph. Gereja Katolik ini terbesar dan termegah di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara. Ornamen dan designnya perpaduan kayu asli Kalimantan Barat dan marmer berkualitas tinggi dengan perpaduan Romawi dan Timur Tengah. Terdapat patung burung ruai yang terbuat dari kayu belian yang terletak di halaman gereja serta di pelatarannya berdiri patung yang berukuran raksasa. ini juga menjadi salah satu tempat wisata religi di Pontianak Kalimantan Barat.

katedral-st-yoseph-sumber

Katedral Paroki Santo Yoseph, sumber: http://m.kaskus.co.id/thread/565d3de032e2e6e8388b4568/katedral-styosef-gereja-katolik-termegah-di-indonesia/

 Baca Juga : Rental Mobil Pontianak eSQiu (082218555888).

     Selanjutnya kita menuju ke Vihara tertua di Pontianak Kalimantan Barat yang datanya vihara ini berdiri sejak tahun 1829 masehi. Vihara yang terdapat di tepi sungai kapuas di belakang pusat perbelanjaan kapuas indah. Sampai saat ini vihara tersebut masih dijadikan tempat peribadatan umat konghucu. Dan menjadi tempat wisata religi yang yang ada di Pontianak Kalimantan Barat selain 2 (dua) tempat ibadah tersebut diatas. 

vihara-bodhisatva-karaniya-metta

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta, sumber: http://www.imgrum.net/user/pontianaksejarah/

  Tempat wisata di kota Pontianak lainnya adalah rumah adat suku dayak yang disebut rumah Radakng. Merupakan miniatur rumah adat suku Dayak yang terbesar di Kalimantan Barat, tepat di sebelahnya adalah rumah adat suku Melayu Kalimantan Barat. Di rumah Radakng ini sering diadakan acara-acara skala besar seperti Pekan Gawai Dayak yang diadakan setiap tanggal 20 Mei setiap tahunnya. Merupakan salah satu wisata budaya yang ada di Kota Pontianak.

Rumah Adat Terbesar Di Indonesia, Rumah Radakng (baca: Radang) Rumah Adat Dayak, sumber: https://borneomisteri.blogspot.co.id/2016/03/rumah-radakng-rumah-adat-terbesar-di.html

rumah-radakng

Acara Festival Pekan Gawai Dayak yang diadakan setiap tahun di Rumah Radakng, sumber: www.tribunnews.com

  Tujuan selanjutnya adalah Keraton Kadriyah Pontianak. Berjarak 2,7 km dan ditempuh ± 9 menit dari jalan Gajahmada. Belum ke Pontianak namanya jika anda belum datang ditempat yang paling bersejarah di kota Pontianak, Karena di sebelah Keraton Kadriyah Pontianak terdapat Bangunan dan Masjid Jami’ Pontianak. Masjid ini merupakan satu dari dua bangunan yang menjadi pertanda berdirinya Kota Pontianak pada 1771 Masehi, didirikan oleh Raja Pontianak pertama yaitu Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie pada tanggal 23 Oktober 1771 yang ditetapkan menjadi hari jadi Kota Pontianak. Banyak Cerita dan Sejarah Penting yang ada di dua tempat sejarah ini salah satunya adalah asal mula lambang negara Garuda Pancasila adalah berasal dari Keraton Kadriyah yang dirancang oleh Sultan Hamid II atau nama lengkap beliau Syarif Abdul Hamid Alkadrie, putra sulung Sultan Pontianak ke-6, Sultan Syarif Muhammad Alkadrie. 

Keraton Kadriyah Pontianak.

Selanjutnya kita menuju wisata agro kota Pontianak. Berjarak 6,4 km ditempuh dengan waktu ± 15 menit dari jalan Gajahmada. Wisata agro kota Pontianak yang khusus mengupas tuntas tentang tanaman lidah buaya ini dinamakan Aloevera Center. Di tempat ini anda akan mendapatkan semua informasi tentang lidah buaya, mulai dari bentuk tanamannya seperti apa, hasil olahannya, manfaat dari tanaman tersebut dan masih banyak lagi yang dapat anda pelajari di tempat ini.

     Tujuan selanjutnya adalah Tugu Khatulistiwa Pontianak Kalimantan Barat.  Jalur darat dimana dengan waktu tempuh ± 22 sampai dengan 25 menit anda akan menjumpai 2 (dua) jembatan yang namanya sesuai dengan nama sungai yang memisahkan daerah tersebut. Jembatan pertama yaitu jembatan Sungai Kapuas, jembatan pertama kali dibangun di Pontianak ini dilalui oleh sungai terpanjang di indonesia yaitu sepanjang 1.143 km dengan lebar sungai ± 400-700 meter, dan menjadi urat nadi bagi perekonomian masyarakat Kalimantan Barat dari zaman dulu hingga sekarang. Dan jembatan kedua yaitu jembatan landak yang merupakan anak sungai kapuas dengan panjang 319 meter. Setibanya di tugu Khatulistiwa Pontianak atau Equator Monument, anda akan disuguhkan berbagai keunikkan yang ada ditempat tersebut antara lain saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain di sekitar tugu. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

Rental mobil pontianak tugu khatulistiwa

      Adapun keunikkan lainnya adalah anda bisa berkeliling dunia hanya dengan mengelilingi tugu Khatulistiwa tersebut. Mau tahu jawabannya kenapa bisa begitu, silahkan anda langsung datang dan kunjungi tugu Khatulistiwa, dapatkan jawabannya langsung dari ahlinya dan rasakan sensasi mendirikan telur yang hanya dapat berdiri di tugu Khatulistiwa tersebut. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan melalui acara Festival Khatulistiwa dan informasi terkini di tempat tersebut akan dan sedang dibangun Khatulistiwa Park, sebuah areal wisata yang terintegrasi dengan Tugu Khatulistiwa dimana akan dibangun hotel, planetarium, water boom, tempat pemancingan, pusat souvenir, dan pusat makanan. Diharapkan pada 2018, objek wisata bisa beroperasional penuh, dan masyarakat Kota Pontianak, wisatawan luar dan dalam negeri bisa menikmati wisata edukasi, wisata di Pontianak Kalimantan Barat, wisata paling menarik di Indonesia, tempat wisata alam di Pontianak, tempat santai dan wisata malam di Pontianak, serta tempat hiburan keluarga di Tugu Khatulistiwa. 

    Oleh-oleh wajib yang menjadi ciri khas Pontianak sebagai kota wisata kuliner yaitu:

1. Lempok Durian / Dodol Durian

2. Aneka Olahan Dari Lidah Buaya

3. Stick Talas atau Stick Keladi

4. Kerupuk Amplang Merk Obic.

    Kerupuk khas ini terbuat dari bahan ikan sungai khas Kalimantan Barat, dengan rasa yang enak serta lembut dimulut. Kami sarankan anda memilih kerupuk amplang merk OBIC karena dari seluruh tamu yang pernah kami (rental mobil pontianak) semuanya memberikan kesaksian positif terutama di segi kelembutan amplang tersebut. Mereka menuturkan biasanya kerupuk amplang itu keras dan sulit dimakan oleh mereka yang sudah tidak muda lagi atau yang mengalami gangguan pada giginya, tapi untuk amplang Obic ini beda dengan amplang yang lainnya terutama teksturnya yang lembut dan mudah dimakan walau yang mengkonsumsi kerupuk tersebut sudah tidak muda lagi.

5. Aneka jenis Ikan Asin

 6. Aneka Macam Asinan

7. Aneka macam makanan ringan/Snack

8. Bingka atau Bingke (bahasa Pontianak)

9. Pernak Pernik Cinderamata Khas Pontianak, seperti Baju, Sarung, Miniatur Tugu Khatulistiwa, Gantungan Kunci dan lain-lain yang pastinya khas Pontianak Kalimantan Barat. 

   Wisata malam di Pontianak juga dapat dijadikan salah satu tempat wisata paling menarik di Indonesia. Yang kami jadikan patokan di jalan Gajahmada dan sekitarnya. Tempat-tempat yang paling asyik untuk menghabiskan malam santai di Pontianak:

1.Cafe Viva

  Cafe ini sangat strategis untuk menjadi tempat santai di Pontianak, dilengkapi dengan wifi gratis (username dan password silahkan langsung ditanya dengan Karyawan atau kasirnya). Yang pasti menu kopi saring, kopi susu dan kopi bubuk yang menjadi andalan cafe ini serta masih banyak lagi aneka minuman yang lainnya. Selain minuman, andalan cafe ini adalah pisang goreng crispinya. Pisang goreng srikaya dan pisang goreng keju susunya laris manis dibeli pengunjung cafe ataupun yang memesan untuk dibawa pulang ke rumah atau dibawa ke tempat wisata santai lainnya di Pontianak. Tamu kami dari bogor selalu memesan pisang goreng ini untuk dijadikan makanan oleh-oleh yang nantinya dibawa ke bogor, karena tekstur pisang goreng ini yang tidak lembut makanya rasanya akan tetap enak walaupun kondisinya sudah dingin. Kak Ida dan Kak Ade adalah sang pembuat pisang goreng crispy tersebut. Mereka sudah 3 (tiga) tahun menjalani usaha ini, tapi tetap sang Owner Viva cafe lah yang memegang resep rahasia keluarga yang membuat pisang goreng ini enak dan renyah.

20161003_234054

Viva Cafe, Pisang Goreng Crispy Khas Pontianak dan suasana pada malam hari di Jl.Gajahmada, Sumber: dokumentasi pribadi.

2. Bubur Ikan Akang di jalan Teuku Umar Samping Alfamart Pasar Mawar. Berupa Sop Ikan dengan bahan dasar ikan laut segar, sayur-sayuran segar, cumi, jika beruntung masih bisa mendapatkan telur ikannya sebelum kehabisan, dan nasi yang direbus. Rp.25.000,-/Porsi dipadukan dengan minuman Es Jeruk Khas Pontianak membuat badan terasa hangat dan bugar kembali.

Wisata kuliner pontianak bubur ikan akang samping Alfamart pasar mawar

Bersama Jevi, Beny, Hendra, dan Yanto. Bubur Ikan Yang Super Enak Gurih dan Sehat (Before)

Bubur Ikan Yang Super Enak Gurih dan Sehat (After)

3. Bakso Pak Sabar Jalan Penjara.

Buka dari jam 11 siang sampai selesai. Tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung karena memang rasa bakatnya yang nikmat dan kuahnya yang sangat segar.

4. Warung Kopi Winny (Depan Hotel Orchad).

5. Warung Kopi Corner (Jl.Gajahmada).

6. Warung Kopi Aming (Jl.H.Abbas).

7. Warung Kopi Asiang (Jl.Merapi).

8. Warung Kopi Suka hati (Jl.Tanjungpura).

Wisata malam cap go meh di Jalan Gajahmada PontianakSuasana Malam Cap Go Meh Di Pontianak.

9. Tempat Oleh-Oleh Khas Pontianak Kalimantan Barat.

Namanya Psp, deretan panjang kios-kios yang menjual pelbagai macam barang oleh-oleh Khas Pontianak. Toko Lima Enam Sengtie direkomendasikan karena menyediakan aneka macam makanan dan minuman khas oleh-oleh Pontianak yang dilengkapi dengan Tester makanannya.

 

8. Taman Alun Kapuas

   Khusus tempat santai di Pontianak yang satu ini jangan sampai anda lewatkan, karena sensasi unik wisata air, wisata taman, wisata sungai kapuas yang semua terintegritas menjadi satu atas nama Water Front City Pontianak. Terakhir anda bisa menggunakan kapal air yang telah tersedia untuk menyusuri sungai kapuas dimalam hari dan dapatkan sensasi uniknya dan dapat menyegarkan kembali pikiran atau merefresh otak yang mungkin lagi lelah saat aktifitas kerja yang dilakukan dari pagi sampai dengan sore hari.

Wisata malam pontianak taman alun alun kapuas

 Suasana Di Taman Alun Kapuas dan Menyusuri Sungai Kapuas Di Malam Hari Begitu Menyenangkan, Sumber: dokumentasi pribadi.

   Jangan lewatkan sensasi menyusuri sungai kapuas dengan kano dan dilengkapi life jacket di tepian sungai kapuas. Masuk dari gang Landak jl.Tanjungpura. Dengan tarif Rp.10.000,-/jam. Penasaran gimana rasanya, silahkan langsung ke tkp

img_20160930_232527     Semua tujuan wisata di kota Pontianak tersebut diatas dapat menggunakan jasa rental mobil Pontianak yang tersedia dengan berbagai pilihan yang fleksibel. Pihak-pihak yang mendukung dalam event ini dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Pontianak yang ke 245 dan menuju Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia.