Munafik, Musuh Paling Berbahaya Dalam Hidup Ini

sifat-munafikSumber Gambar : www.ibnuzaidan.blogspot.com

Munafik, musuh paling berbahaya dalam hidup iniMunafik artinya sifat dimana apa yang diucapkannya berbeda dengan hati dan tindakannya. Istilah gampangnya mungkin lain di mulut lain dihati, lain omongan lain tindakan. Di medan peperangan mungkin kita dengan mudah bisa mengetahui mana lawan dan mana kawan. Tetapi orang munafik sangat sulit diidentifikasi. Kadang jadi lawan, kadang jadi kawan. Tetapi pada umumnya, orang munafik kebanyakan adalah tipe orang-orang yang mementingkan diri sendiri.

Dalam keseharian menjalankan kehidupan ini, kita mungkin sering sekali ketemu dengan orang-orang yang munafik. Sangat susah membedakannya, karena dalam diri mereka ada 2 jiwa atau muka yang berbeda yang ditampilkan kepada kita.

Munafik, Musuh Paling Berbahaya Dalam Hidup ini

Mereka bilang tidak matre, tapi senang sekali jika mendapatkan Uang Tambahan. Mereka senang sekali jika mendapatkan hadiah. Mereka tidak sadar, sebagai manusia kita sudah diciptakan Tuhan untuk selalu menyenangi dunia ini. Senang dengan keindahan, senang dengan kesehatan, ketentraman, kebahagiaan. Mana ada orang yang senang dengan huru-hara, kelaparan, bencana, dll. Harta adalah bagian dari anugerah Tuhan yang diberikan-Nya. Masalahnya adalah tinggal bagaimana cara kita memanfaatkannya sesuai dengan keinginan Tuhan.

Banyak orang yang berpandangan seolah-olah berdosa jika kita punya banyak harta. Ada yang berkata tanggung jawabnya sangat berat di akhirat nanti jika menjadi orang kaya. Betul, tapi semua juga akan dimintakan pertanggungjawaban di alam sana. Orang miskin juga akan dimintakan pertanggungjawabannya karena kemiskinannya, seorang pemimpin akan dimintakan tanggungjawab atas kepemimpinannya, seorang suami, seorang istri, anak, semua akan dimintakan pertangungg-jawaban. Lalu mengapa kita mesti takut jadi orang kaya?

Hampir semua nabi yang diturunkan oleh Tuhan sebagai manusia yang kaya. Nabi Muhammad SAW sejak kecil telah menjalankan bisnis dan berhasil menjadi orang kaya. Kalau tidak, bagaimana mungkin Nabi Muhammad SAW bisa menikahi Siti Khadijah yang juga kaya dengan maskawin 20 ekor unta?

Saudara, tidak berdosa kita banyak memiliki uang. Yang membuat jadi dosa adalah ketika cara mendapatkan dan menggunakannya tidak sesuai perintah Tuhan. Dengan banyak uang akan makin mudah membangun tempat ibadah, akan semakin banyak anak jalanan yang dapat diangkat, negara pun kalau punya uang banyak tidak akan sulit untuk meneruskan pembangunan.

Uang…!! Seolah menjadi kata yang tabu.

Kita sepakat bahwa seseorang berhak mendapatkan penghargaan, apakah dalam bentuk uang, benda, atau apa saja, atas sesuatu yang telah diabdikannya, atas ilmu yang telah dibagikannya, atas kerja kerasnya membantu kesuksesan orang lain. Saudara, bisnis adalah bisnis. Lakukan dengan prinsip-prinsip ekonomi. Cari Berkah dan sedikit keuntungan, bukan mau buntung. Kalau kita memang berjiwa sosial, lakukan di luar bisnis anda. Mungkin dengan menyantuni fakir miskin, sodaqoh, amal jariyah, dll. Lakukan dengan dana/keutungan yang didapat dari bisnis anda. “Tangan kanan memberi jangan sampai tangan kiri mengetahuinya” pepatah yang sederhana tapi tidak mudah untuk dilaksanakan. Untuk menghindari hal tersebut diatas maka perlu memupuk rasa atau sifat positif yang sangat besar dan kuat dibentengi dengan IMAN yang kuat, InsyaAllah semoga kita semua bisa terhindar dari sifat Munafik, Musuh Paling Berbahaya Dalam Hidup Ini. kembali ke fitrah manusia yaitu seluruh hidup kita ini adalah untuk IBADAH KEPADA ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA ESA. Semoga semua doakan dikabulkan oleh-NYA.

Wallahu Alam.

Sumber : pustaka2011

Baca Juga :

5 thoughts on “Munafik, Musuh Paling Berbahaya Dalam Hidup Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!